Jam 10 lewat 10 menit

Dilihat :  kali

Kenapa jam dinding atau jam tangan yang baru selalu menunjukkan pukul 10:10?




Penasaran? Mau tahu alasannya?

Berikut alasannya :

Awalnya jam tangan dan jam dinding yang dijual di pasaran selalu menunjukkan pukul 08:20 (atau tepatnya 08:22). Alasannya sederhana saja agar jarum jam tidak menutupi merk produk yang biasanya terdapat di tengah (di bawah angka 12 atau pun di atas angka 6 (seperti gambar di bawah)).
Setelah cukup lama dipasarkan, jam dengan angka menujukkan pukul 08:22 ini ternyata tidak laku di pasaran. Produsen akhirnya melakukan sigi (survey) untuk mengetahui kenapa jam '08:22' ini tidak laku atau tidak banyak pembelinya. Sebagian besar responden menyatakan jarum jam tersebut kurang bersahabat karena lebih menyerupai ekspresi orang bersedih, seperti emotion icon sad :(

Berdasarkan hasil sigi tersebut, produsen akhirnya memutuskan untuk mengganti angka yang menunjukkan jam 08:22 menjadi 10:10 yang menyerupai ekspresi orang tersenyum, seperti emoticon smile/happy face :). Hasilnya sungguh menakjubkan, penjualan jam '10:10' ini meningkat tajam dan akhirnya hingga kini kita selalu melihat jam baru yang dijual di mall atau di toko menunjukkan pukul 10:10 seperti gambar berikut:



Namun ada juga yang menyatakan bahwa jarum jam yang dibentuk pada pukul 10:10 menunjukkan tanda V (tanda centang atau huruf V) yang berarti 'Victory', 'OK', 'yes', 'atau 'approved' atau sesuatu yang bermakna positif.

Sudahkah alasan di atas dapat menghilangkan rasa penasaran Anda?
Semoga saja....



*Disarikan dari berbagai sumber dan diolah dengan kata-kata sendiri.



EmoticonEmoticon