Ayam atau Telur?

Dilihat :  kali


Seringkali kita berdebat akan dua hal yang kita tidak tahu mana yang lebih dahulu dengan mengungkapkan "Ini seperti telur dan ayam".
Saat ini ungkapan tersebut mungkin sudah tidak tepat lagi digunakan karena berdasarkan hasil penelitian terkini ternyata diketahui bahwa ayam lebih dahulu ada dibandingkan telur.

Kenapa ayam lebih dahulu ada dibandingkan telur?
Penasaran?
Mau tahu alasannya?


Berikut alasannya:
Sebuah riset di dua universitas di Inggris dilakukan untuk mengetahui bagaimana hewan membuat cangkang telurnya.
Namun diluar dugaan riset ini malah menemukan jawaban atas pertanyaan mana yang lebih dahulu ayam atau telur. Dengan bantuan super komputer peneliti menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis. Didapat hasil bahwa ayam hanya membutuhkan waktu semalam untuk 'merancang' cangkang telur. Ini masuk akal karena jika kita memilihara ayam kampung dan sedang bertelur maka ayam kampung akan rutin bertelur sehari sekali sampai 12-15 telur sebelum dierami.
Kembali ke pertanyaan kenapa ayam lebih dahulu ada dibandingkan telur.
Dari hasil riset selama kurang lebih seminggu dengan bantuan super komputer peneliti menemukan sejenis protein bernama Ovocledidin-17 (OC-17) dimana protein ini hanya terdapat dalam ovarium atau rahim ayam betina. Protein ini merupakan bagian yang paling vital yang ada dalam telur ayam. Bersama senyawa lainnya, protein ini mengawali proses pembentukan calcite crystals (cangkang telur) sebelum membentuk bagian-bagian telur lainnya.
Tanpa protein OC-17 ini tidak mungkin dapat terbentuk cangkang telur dan telur tidak akan dapat berkembang dan menetas menjadi ayam. Yang menakjubkan adalah protein OC-17 ini tidak dapat ditemukan pada hewan lainnya dan hanya ditemukan di ovarium atau rahim ayam betina. Artinya, tidak mungkin ada telur tanpa ada ayam sebelumnya atau ayam lah yang lebih dahulu ada dibandingkan telur.
Berdasarkan hasil riset atau penelitian serta atas nama sains dan ilmu pengetahuan, tanpa keraguan sedikit pun kita telah mendapatkan jawaban atas teka-teki sepanjang masa "Mana yang lebih dahulu ada telur atau ayam?". Dan jawabannya adalah: ayam terlebih dahulu ada dibandingkan telur.

Masih penasaran?
Tentu ya, karena Anda pasti akan bertanya, terus dari mana ayam berasal?
Beberapa teori menyatakan bahwa bersama-sama hewan lainnya, nenek moyang ayam diciptakan pada zaman dinosaurus. Dalam tulisan ini kita tidak membahas bagaimana proses penciptaan mahluk hidup yang pertama. Kita hanya membahas secara sains, lebih dahulu mana ayam atau telur.

Dari beberapa sumber dan ditulis dengan kata-kata sendiri


EmoticonEmoticon